Minggu, 27 Maret 2011

Catatan Ngalur Ingidul

Ada satu ungkapan “hidup ini seperti roda yang berputar kadang diatas kadang dibawah”, apakah kehidupan segampang itu? Tentu tidak, Roda jika diputar akan langsung berputar dan tidak memerlukan tenaga dan usaha yang besar untuk memutar roda tersebut. Bandingkan dengan ungkapan lain berbunyi “hidup ini tidak segampang membalik telapak tangan” kenapa? Karena kehidupan ini membutuhkan usaha, kerja keras, ketekunan, keuletan, kesabaran dan ketabahan.
“Lebih mudah berbicara dari pada bertindak”.
“Lebih mudah menyalahkan orang lain dari pada menyalahkan diri sendiri”.
“Lebih mudah berbuat dari pada bertanggung jawab”.
Dan mudah-mudah yang lain, memang yang muda-muda itu pasti enak dan nikmat, orang lebih suka kelapa muda dari pada kelapa tua, orang lebih suka ‘daun muda’ dari pada ‘daun tua’ kenapa? Karena daun muda pasti indah dilihat dan mudah ‘dipetik’ tapi jangan sampai mekar sebelum waktu nya dan layu sebelum ‘ajalnya’ karena ‘kekurangan air’ atau terlalu ‘teriknya matahari’...
Kehidupan ini bukan lah seperti Aladin dengan Poci/Guci ajaib nya yang tinggal dielus jadi yang dimau-in dan yang instan, gambang serta yang “mudah-mudah”. Yang instan, gampang dan mudah-mudah pasti akan menimbulkan kenikmatan tapi kenikmatan sesaat, ibarat nya “habis manis sepak dibuang”..apakah kita mau seperti itu?? Pasti banyak yang akan menjawab mau....tapi kemudian apakah kita akan bergantung dan tergantung terus pada ‘kenikmatan’ tersebut??..... ada saat/masa nya kita tidak lagi merasakan kenikmatan ala Aladin dan Ala “mudah-Mudah” tersebut.
Mulai lah mengatur kehidupan ini dari “titik yang satu ke titik yang lain” dan membentuk sebuah “kubus kehidupan” karena untuk menjalani kehidupan ini kita membutuhkan pertahanan diri yang kuat untuk ‘mengarungi’ ‘samudera kehidupan’ dengan berpijak pada keteguhan dan Iman yang kokoh, jadi seperti ‘Kubus’ walaupun diputar dan didorong membutuhkan waktu dan tenaga yang ekstra untuk bisa menggerakkan atau menggulingkan/menggelindingkan.
Inilah catatan Ngalur Ingidul yang baca silakan ngelindur tapi jangan ngiler.....heheheeee.

Tidak ada komentar: